Decompile Database Access

Untuk setiap kode program yang akan dijalankan oleh komputer, maka harus dikonversi ke machine-readable code. Kode ini disebut Kode Objek(=Object Code). Versi teks dari program yang Anda dan saya bisa baca disebut Kode Sumber (=Source Code).

Pada Access, proses produksi Kode Obyek dari Source Code disebut “kompilasi”. Setiap kali kode dijalankan untuk pertama kalinya di Access, kode ini pertama dikompilasi. (Anda juga dapat mengkompilasi sendiri dengan menekan tombol kompilasi). Satu-satunya tempat Anda dapat membuat perubahan pada kode di Source Code, yang lagi-lagi harus dikompilasi ke dalam Kode Objek.

Kadang-kadang, kode dapat dihapus dari Source Code, tapi untuk beberapa alasan tidak pernah dihapus dari Kode Objek. Kode ini tidak pernah lagi terlihat di layar sebagai teks, namun masih ada di sana di suatu tempat dalam file database. Hal ini dapat, suatu ketika, mengganggu operasi normal jalannya suatu program, kadang-kadang bisa loading nya lambat dls. untuk itu sesekali perlu di decompile, sebulan sekali atau sesuai kebutuhan, tidak terlalu sering. 

Untuk menghapus potongan dari kode yang menyimpang ini, Anda dapat “Men-decompile” database Anda dan kemudian kembali me- recompile. Proses ini menghapus semua dari Kode Obyek yang telah dikompilasi, maka ketika Anda kembali me- recompile, Anda mendapatkan Kode Obyek yang mencerminkan Source Code saat ini. ada beberapa yang mengatakan ukuran size file jadi lebih kecil beberapa % dari ukuran sebelumnya, tetapi yang jauh lebih penting adalah aplikasi kembali normal dan berjalan lebih cepat beberapa detik dari sebelumnya.

Untuk Men-decompile database Access Anda, lakukan hal berikut:

1. Klik tombol Start pada task bar dan pilih Run


2. Pada kotak dialog Run, ketik berikut:
” C:\Program Files\Microsoft Office\Office14\Msaccess.exe” /decompile

di mana bagian pertama (dalam tanda kutip) adalah path lengkap ke program Access. Jika Anda memiliki instalasi default, ada kemungkinan bahwa hal itu sama seperti yang tercantum di sini. Kemudian Klik OK.
Catatan: jika Anda memiliki Windows Vista, cukup ketik baris perintah di kotak Start Search dari menu Start.

atau bisa buat shortcut decompile untuk Access 2010, jadi tinggal klik sewaktu-waktu jika diperlukan pada desktop, property nya sbb:

3. Ini akan membuka Access dan memungkinkan Anda untuk memilih database yang ingin dibuka. Apapun database yang dibuka akan di-decompile (karena perintah tersebut diatas).

4. Pilih database dan kemudian buka. Jika anda menggunakan Access 97 memberikan Anda sebuah dialog yang mengatakan Anda database telah di- decompile, tapi versi yang lebih baru tidak. Namun demikian, database otomatis telah di-decompile.

5. Buka Modul apapun dalam tampilan design view, atau Form atau Report dalam tampilan design view, dan pilih View > Code  dari menu atau tekan Ctrl+G. Pada layar berikutnya, pilih Debug> Compile dari menu bar.
Catatan: Pada Access 2007, Anda juga dapat memilih Database Tools pada ribbon, kemudian pilih Visual Basic. Kemudian pilih Debug> Compile.

 

6. Database Anda sekarang telah di-decompile dan di-recompile ulang. langkah selanjutnya tinggal di compact and repair, kemudian jika menginginkan aplikasi bisa langsung di buat dalam format MDE/ACCDE.

7. Hal ini sangat ampuh untuk mengatasi problem Source Code yang tidak dapat jalan dengan normal pada saat kita selesai mengkonversi Access versi 2003 kebawah ke dalam Versi Access yang lebih baru misalnya Access 2010.

Semoga bermanfaat.

About Sumiyanto Surabaya

http://bajajbekas.wordpress.com/ berdiri sejak 7 Mei 2009. Termotivasi untuk menghabiskan stock barang tarikan dengan metode pemasaran yang konvensional memakan banyak pikiran, tenaga, dan dana untuk kampanye melalui media koran lokal yang hanya berdurasi 1-3 hari saja. Tidak cukup waktu untuk menghabiskan seluruh stock unit tarikan yang ada. Untuk alasan itulah media ini berdiri menjembatani bagi peminat motor khususnya bajaj untuk mendapatkan informasi yang tepat, tempat yang tepat, motor yang tepat. Tidak lebih. Dikelola oleh Sumiyanto, Goal Keeper Perusahaan Finance di Wilayah Jl. Jemur Andayani 50, Ruko Surya Inti Permata D 10-11, Surabaya, 031-72472523, 081 246 83700 https://cakyanto.wordpress.com/ Belajar tentang pemrograman database berbasis Ms Access

Posted on November 29, 2011, in Tutorial Ms Access and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: